Media Audio.
Yang
dimaksud dengan Media Dengar (Media Audio) adalah alat media yang isi pesannya
hanya diterima melalui indera pendengaran saja. Pada penggalan ini
berturut-turut dibahas Media Dengar yaitu Radio Rekaman Suara (Audio Cassete
Tape Recorder). media pembelajaran, adalah suara-suara ataupun bunyi yang
berkaitan dengan materi pembelajaran direkam dengan menggunakan alat perekam
suara, kemudian hasil perekaman tersebut diperdengarkan kembali kepada peserta
didik dengan menggunakan sebuah alat pemutarnya.
·
Tape
Magnetic
recording diperkenalkan oleh Valdemar Poulsen dengan menggunakan telegraphone
pada tahun 1898. Dengan menggunakan kekuatan magnet, media yang bergerak
secara. konstan dengan kecepatan yang konstan pula melewati “head” perekam.
Sinyal elektrik yang secara analog menjadi suara yang ingin direkam, melewati
head tadi dan menghasilkan pola magnet yang serupa dengan sinyal yang
menghasilkan suara yang lebih baik dari teknologi sebelumnya.
Tape Recorder mulai dikembangkan di Jerman tahun 1932. Titik
awalnya pada saat hari Natal 1932, di mana British Broadcasting Corporation
kali pertama digunakan para profesional untuk situasi tertentu. Pita yang
semakin kecil dengan suara stereo yang sudah baik, membuat para seniman musik
sudah dapat melakukan rekaman dengan dukungan alat yang sudah makin ringkas. Di
akhir tahun 1990-an, digital recording sudah mulai menjadi standar industri
rekaman. Dan kini, di era milenium, semuanya semakin mudah, ringkas, canggih,
dan praktis. Perangai pita rekaman yang tadinya besar bukan main sudah
diringkas rnenjadi harddisk dan corong phonoautogruph disulap menjadi speaker
dengan teknologi kinetik yang canggih.
Kini perkembangan teknologi audio sudah serba digital. Ini
berarti semakin ringkas alat-alat untuk bisa menghasilkan studio recording, dan
semakin mudah untuk merawat dan memaintain-nya. Pada masa analog, untuk merekam
suara mentah pada saat tracking harus di simpan pada pita 2 inch, yang kini
sudah bertransformasi menjadi harddisk yang bentuknya kecil dan tidak
menghabiskan tempat (baca books "Sejarah Teknologi Perekam").
tape
Kelebihan Audio Tape Recorder (ATR)
adalah sebagai berikut :
a. Memiliki fungsi ganda dapat menyajikan hasil rekaman,
dapat merekam, dan dapat menghapus rekaman.
b. Guru dapat menggunakan ATR dalam pembelajaran sesuai
dengan jadwal yang ada di sekolah (tidak terikat dengan jadwal siaran).
c. Jika ada yang tidak jelas dalam penyampaian pesan,
dapat diulang kembali.
d. Dapat menyajikan hal-hal yang terjadi di luar
kelas/sekolah misalnya: wawancara, rekaman hasil diskusi atau seminar.
e. Tepat digunakan untuk pembelajaran bahasa khususnya
bahasa asing (memberikan contoh pengucapan sesuai dengan bahasa aslinya).
Kelemahan Audio Tape Recorder (ATR)
adalah sebagai berikut :
a. Komunikasi satu arah.
b. Daya jangkau terbatas (tidak seperti radio)
c. Isi pesan hanya dapat didengar saja sehingga bagi anak
yang tidak mempunyai ingatan kuat akan mudah lupa dengan isi pesan
d. Abstrak, terutama berkaitan dengan angka, ukuran,
penghitungan dll
e. Auditif, sehingga membutuhkan konsentrasi dalam
mendengarkan
f. Bisa terhapus, bisa kusut, dan tidak bisa disimpan lama
·
Radio
Radio
merupakan media auditif, yang hanya bisa dinikmati dengan alat pendengaran.
Radio menjadi media penyampai gagasan, ide dan pesan melalui gelombang
elektromagnetik, berupa sinyal-sinyal audio. Guglielmo
Marconi tahun 1874 di Bologna, Italia adalah penemu radio.
Radio
Kelebihan Radio adalah sebagai
berikut:
a.
Kemampuan untuk
mengembangkan imajinasi pendengar (Theater of Mind)
b.
Harganya relatif murah.
c.
Kemampuan selektivitas
memilah program dan segmen khalayak.
d.
Bersifat personal
sehingga mampu menjadi sahabat pendengar.
e.
Fleksibel karena mudah
dibawa kemanapun.
f.
Dapat menjangkau sasaran
yang luas.
g.
Dapat menyampaikan
informasi secara serempak.
h.
Dapat mengerjakan
hal-hal yang tidak dapat dilakukan guru, misalnya menyajikan cerita tentang
petualangan, kepahlawanan, yang telah dikemas dan diberi efek suara dan musik,
sehingga terasa lebih hidup.
i.
Dapat mengatasi
keterbatasan ruang dan waktu.
j.
Dapat memberikan
informasi dari sumber utama secara langsung.
k.
Aktual.
Kekurangan Radio adalah sebagai
berikut:
a.
Jika menggunakannya
sebagai media pembelajaran di kelas menjadikan guru tidak bisa mengontrol dan
sangat terikat dengan jadwal siaran.
b.
Aktivitas pendengar
kurang terkontrol.
c.
Isi pesan hanya dapat
didengar saja sehingga bagi anak yang kurang mempunyai ingatan kuat akan mudah
lupa dengan isi pesan.
d.
Tidak dapat diulang.
e.
Rentan cuaca
f.
kontrol ada pada stasiun
radio
g.
Abstrak, terutama
berkaitan dengan angka, ukuran, penghitungan dll
h.
Auditif, sehingga
membutuhkan konsentrasi dalam mendengarkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar