Ruang Sejarah
Menurut Widja (1989: 70) menyebutnya dengan "Ruang Sejarah", yaitu
suatu ruangan khusus yang merupakan tempat peragaan dan pemantapan pelajaran
sejarah. Tempat ini bukan sekedar berfungsi memperagakan benda-benda sejarah,
namun lebih dari itu adalah tempat pemantapan pelajaran sejarah sebab, di situ
termasuk juga kegiatankegiatan yang memungkinkan murid menghayati arti sejarah
secara lebih mendalam. Harus diakui bahwa, jenis media ini memang masih
tergolong ideal.
Manfaat Ruang Sejarah/ Laboratorium, yaitu:
1) Sebagai tempat
untuk melatih mengembangkan ketrampilan intelektual melalui kegiatan
pengamatan, pencatatan, dan mengkaji gejala-gejala lain.
2)
Mengembangkan
ketrampilan motorik dalam mempergunakan alat-alat media yang tersedia untuk
mencari dan menemukan kebenaran
3)
Memupuk rasa ingin
tahu siswa sebagai modal sikap ilmiwah seorang ilmuwan.
Kelebihan
penggunaan ruang sejarah dalam pembelajaran:
a)
Peserta didik dapat
berganti situasi baru
b)
Situasi pembelajaran
biasanya lebih menyenangkan
c) Peserta didik dapat
menggunakan alat bantu media yang lebih lengkap dan lebih dekat untuk
mengambilnya karena memang sudah tersedia
Kekurangan penggunaan ruang sejarah dalam pembelajaran:
a)
Memerlukan dana yang
tinggi, juga barangkali dipandang belum perlu
b)
Belum tentu ruang
laboratorium lebih menyenangkan
c) Sering ada peserta
didik lain yang lalu lalang karena memerlukan alat lain yang ada di
laboratorium.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar